Telaah
dan Tarjih Kosmologi Islam
Oleh
Khoirul anam
Kajian yang di bahas dalam tulisan kang Ferry Djajaprana yang mengupas mengenai sisi kosmolagi dalam kaitan dengan dunia islam patut kita apreasikan dalam membuka lembaran baru dalam kajian ini.Pengertian Kosmos .Kosmos dari bahasa Yunani artinya dunia teratur,
bentuk atau susunan benda. Istilsh ini bahasa sederhananya adalah keteraturan
alam. Kosmologi ( Inggris = cosmology) dari bahasa
Yunani kosmos (dunia, alam semesta) dan logos (ilmu tntang). Jadi kosmologi
adalah ilmu yang memandang alam semesta sebagai suatu keseluruhan yang integral. Di dalam agama Islam sebenarnya banyak paham tentang
kosmologi ini, diantaranya adalah kosmologi masysyai (peripatetik) yang
dikembangkan oleh Al kindi dan Al Farabi, dan mencapai puncaknya melalui Ibn
Sinna. Orang barat menyebutnya “filsafat Wujud”. Ada kosmologi syiah Ismailiyah
ini populer dengan dunia korpus Jabir, Ikhwan al Safa populer dengan nuansa
Phytagoras, korelasi kosmologi ini berhubungan dengan siklus kenabian dan
imamah (keimaman), pembahasan kosmologisnya rumit. Terakhir, ada juga yang
dikelompokkan dengan kosmologi sufi, diantaranya adalah Muhyi Al din Ibnu
Arabi, yang mengintegrasikan unsur-unsur Hermenetik, Phytagorean dan
Neoplatonik ke dalam ajaran-ajaran yang bersumber pada makna Al Quran.
Firman Allah :
” Kami tidak menurunkan Al Quran kepadamu agar menjadi susah, tetapi sebagai peringatan bagi orang-orang yang takut (kepada Allah). Al Quran diturunkan dari Allah yang menciptakan bumi dan langit-langit yang tinggi, yaitu (Tuhan) Yang Maha Pemurah yang bersemayam di atas Singgasana (al Arsy). Kepunyaan-Nya lah semua yang ada di langit dan di bumi, semua yang di antara keduanya, dan semua yang di bawah tanah .
(QS. At Thaha [20]: 2-6)
Selanjutnya kita hanya membahas kosmologi Sufi
saja, biar lebih fokus :
Dalam tulisan-tulisannya, ilmu dan nama-nama
serta sifat-sifat Allah (al Ashma Wa al Shifat) berfungsi sebagai
landasan bagi elaborasi ilmu kosmos, betapa keseluruhan sifat kosmos ini
merupakan gema dari berbagai nama dan sifat Allah dan betapa masing-masing
tingkat eksistensi kosmis itu sendiri adalah kehadiran Ilahi (al hadarat al
illahiyat al khams) yang bermula dari Dzat Allah (al Hahut) ,
melalui alam nama-nama alam dan sifat-sifat (al Lahut), alam malaikat
utama (al Jabarut), alam malaikat lebih rendah dan subtil (al
malakut) dan alam-alam materi (al Mulk).
Ibn Arabi menjelaskan tingkatan-tingkatan
realitas kosmis berdasarkan ajarannya yang terkenal “Wahdat Al Wujud” (kesatuan
wujud yang transenden), yang menyatakan bahwa sesungguhnya hanya satu realitas
wujud, satu realitas, dan semua yang lain hanyalah refleksi dari nama-nama dan
sifat-sifat Allah di atas cermin noneksistensi.
Pengikut ajaran Ibn Arabi ini diantaranya Shadr
Al Din Al Qunawi, Abd Al Karim Al Jilli, dan Sayid Haidar Al Amuli. Di
Indonesia juga ada yang sepaham dengan ini yaitu Syeikh Siti Jenar. Ajaran yang
saya sebut di atas ada dituliskan juga pada kitab Wirid hidayat Jati/Serat
Centini-nya Raden Ngabehi Ranggawarsita.
Makna spiritual dari kosmologi Islam adalah
memberikan pengetahuan tentang kosmos adar dapat memahami keburaman realitas
kosmos menjadi transparan, dari tirai menuju sarana penyingkapan realitas
Ilahi, yang diselubungi dan disingkapkan kosmos oleh hakikatnya
sendiri.Tujuannya agar manusia memahami penjara eksistensi dan mengungkapkan
keesaan Ilahi (al Tauhid) yang tercermin dalam alam keragaman.
Akan tetapi, spiritualitas Islam memberikan
sarana kepada manusia yang hakikat bathinnya sedemikian rupa sehingga membuat
mereka harus membuka halaman-halaman kosmis, yang digambarkan oleh Al Quran:
“(yaitu) pada hari Kami gulung langit seperti
menggulung lembaran-lembaran kertas “
(Q.S. Al Anbiya [21]: 104)
(Q.S. Al Anbiya [21]: 104)
Spiritualitas Islam memunculkan “kesadaran
penciptaan” yang menjadikan manusia mampu melihat teofani nama-nama dan
sifat-sifat Allah dalam alam dan mendengar – dari terbangnya burung ke angkasa
– doa mahluk yang ditujukan ke singgasana Ilahi, seperti yang disebut Al Quran
“Tidaklah kamu tahu bahwasannya Allah, kepada-Nya
bertasbih apa yang di langit dan di bumi, (juga) burung dengan mengembangkan
sayapnya. Masing-masing telah mengetahui (cara) sembahyang dan tasbih-Nya, dan
Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan “.(QS. An Nur [24]:41).
Bagaimana yang terbatas “melihat” yang
tak terbatas? *)
Kosmos adalah Dia/Bukan Dia. Menurut Ibn Arabi
wujud adalah satu esensinya dan banyak cara untuk menyingkap dirinya. Ia tidak
dapat dibandingkan dengan semua entitas yang ada dan diserupakan kepada setiap
mahluk. Dan hakikat wujud, keesaan dan kejamakannya menemukan ekspresinya dalam
kesempurnaan manusia sempurna.
Dalam keesaan dan kejamakannya, wujud dapat
dikatakan memiliki kesempurnaan. Pertama ditampilkan melalui ketidaksebandingan
Esensi Tuhan, yang kedua oleh keserupaan nama-nama Tuhan. Oleh karena itu,
dalam konteks kesempurnaan esensial manusia sempurna, Al Quran mengatakan bahwa
“Tidak ada pemisahan antara Rosul Tuhan (QS. 2:285). Dari kesempurnaan aksidental
mereka, al Quran menyatakan bahwa “Tuhan mengutus para nabi dan Rosul sesuai
dengan tingkataan mutunya”. (QS. 2:253).
Pendeknya manusia sempurna tetap berada dalam
esensinya, yang tidak lain selain wujud itu sendiri. Pada saat yang sama ia
senantiasa selalu mengalami transformasi dan transmutasi dengan mendorong
Penyingkapan Diri Tuhan dan memanifestasikan sifat-sifat Tuhan dalam
keberagaman kosmis yang tiada akhir. Hati (qalb) manusia sempurna mengalami
fluktuasi yang tak pernah henti (qalb, taqallub), sejak itu ia adalah wadah
batini tempat mereka memahami penyingkapan diri Tuhan.
Tuhan menciptakan alam untuk menunjukkan
kesempurnaan diri-Nya. Seperti disebut dalam Hadits Qudsi :
” Aku adalah perbendaharaan yang tersembunyi,
maka Aku ingin diketahui , oleh karena itu, Aku ciptakan mahluk agar Aku dapat
diketahui”.
Dengan kata lain, melalui kosmos wujud menyingkap
kemungkinan tak terbatas yang tersembunyi di dalam diri-Nya sendiri. Tetapi,
itu hanya dilakukan oleh manusia sempurna saja untuk memanifestasikan bentuk
Tuhan itu sendiri. Syekh sebenarnya hanya menjelaskan bukan pada ontologi saja,
tapi juga pada antropologi, yakni menjelaskan tentang sifat manusia sempurna
dan bagaimana kesempurnaan dapat dicapai.
Dengan berbekal pemahaman rasional mengenai
“Dia/Bukan Dia” tidak akan mampu mengantar ke dunia cahaya. Dunia imajinasi
tidak dapat di transformasikan ke dalam bentuk penyaksian penyingkapan diri
wujud tanpa bimbingan dari Rosul, Nabi ataupun para Wali.
Jadi, hakikat puncak wujud adalah melampaui yang
tak terbatas dan selalu berada di dalam. Di dalam kesebandingannya wujud adalah
satu dzat dengan yang absolut, namun dalam keserupaannya, wujud menjelmakan
dirinya melalui pluralitas kongkrit yang ada dalam kosmos. Dzat yang
non-fenomenal selamanya tetap tak dapat dibandingkan, namun dia membawa
fenomenal ke dalam eksistensi melalui sebuah rahmat, yakni dilimpahkan langsung
kepada segala sesuatu yang memiliki potensi eksis.
Ketidak sebandingan Tuhan tumbuh dari persepsi
keberbedaan dan tidak nyata. Sedangkan, sikap yang mempertegas keserupaan
muncul dari pemahaman yang menonjolkan keserupaan dengan realitas. Menurut Al
Haqq, keserupaan ditonjolkan, karena dipandang dari Al Haqq, tidak ada istilah
“yang lain”, juga tidak ada istilah “jarak” – “Allah bersamamu dimanapun engkau
berada” (QS.57:4).
Terakhir, jadi bagaimana bentuk Tuhan itu?
Menurut Ibn Arabi, segala sesuatu yang ada di dunia ini adalah “tanda” Tuhan.
Karena segala sesuatu itu merefleksikan Al Haqq. Manusia merupakan tanda Tuhan,
karena mereka ada andilnya terhadap atribut al Haqq. Ini membuktikan bahwa
manusia bisa mengetahui segala sesuatu. Firman Allah : “Allah mengajarkan
kepada Adam semua nama-nama.” (QS.2:31). Arkeripe kognitif (dan ontologis)
fundamental mereka adalah Allah sendiri, tidak ada atribut khusus Tuhan.
Kesempurnaan manusia melibatkan atribut itu, seperti sifat mulia yang sama
dengan indah, tetapi, sebagaimana sifat Tuhan, atribut-atribut ini disusun
menurut hirarki tertentu, dengan nama-nama rahmat yang didahulukan dibandingkan
murka, nama-nama keserupaan lebih fundamental dari pada nama-nama
ketidaksebandingannya.
Kebahagiaan, yakni kondisi yang dinikmati orang
surga, adalah identik dengan kedekatan dengan Tuhan. Untuk dekat dengan Tuhan
maka berarti mengakui kualitas-kualitas Tuhan sebagaimana adanya. Ketersiksaan
identik dengan neraka. Untuk jauh dengan Tuhan adalah menghindari
mengaktualisasikan bentuk Tuhan. Untuk tetap berjarak maka tekankan bentuk
ketaksebandingan. Jika ingin bahagia, imajinasi mereka harus melampaui akalnya,
menyesuaikan bentuk akal. Manusi secara potensial adalah bentuk utuh Tuhan.
Kesempurnaan dicapai ketika potensinya teraktualisasi. Perwujudannya adalah
bentuk “kebajikan” dan “nilai” yang dikaji dalam ilmu ahlak. Nah, karena
kualitas Tuhan tidak dapat dikenali melalui ketidaksebandingan-Nya maka
diperlukan campur tangan wahyu (agar aktualisasi atribut Tuhan sesuai dengan
porsi yang tepat untuk menjelaskan sifat dan tujuan kegiatan etika yang
ditekankan).
*)
Demikian penjelasan Ibnu Arabi, dalam Futuhat Al
Makiya dan Fusus Al Hikam, yang ditulis Willliam C. Chittick dalam Imaginal
World yang diterbitkan State University Newyork Press, Edisi Bahasa Indonesia
diterbitkan oleh Risalah Gusti “Dunia Imajinal”.
Salam,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar