Minggu, 09 Juni 2013



Rahasia Kesempurnaan Makrifat Para Wali Jawa
Judul Buku       : Rahasia Kesempurnaan Makrifat Para Wali Jawa
Pengarang        : Agus Wahyudi
Harga               : Rp 30.000,00
Penerbit            : Lingkaran 

Ringkasan : 
Tanah Jawa menyimpan kekayaan yang melimpah ruah, termasuk warisan ilmu dan ajaran tasawuf. Salah satu warisan yang berharga yang ditinggalkan leluhur Jawa tersebut adalah ajaran kesemprunaan makrifat yang dikenal juga dengan istilah ngelmu sangkan paran ( ilmu asal usul ).
Ilmu sangkan paran adalah ilmu tentang asal muasal semua kejadian, tentang sejarah penciptaan semua makhluk hingga tujuan akhir manusia setelah kematian. Dalam khazanah tasawuf, didapat satu kesimpulan bahwa asal segala sesuatu adalah Allah Swt dan akan kembali lagi kepada Allah Swt, sejalan dengan firman-Nya, innaa Lillahi wa innaa ilaihi raaji’uun (sesungguhnya kita milik Allah dan sesungguhnya kita kembali kepada-Nya). Jika landasan ini diterapkan dalam setiap desah nafas selama hidup di dunia ini maka akan berujung pada makna manunggaling kawula Gusti ( bersatunya hamba Tuhan ).
ternyata, tidaklah mudah untuk sekedar memahami makna dari ajaran makrifat ini. Maka wajar jika Wali Songo tidak mengijinkan seseorang untuk belajar ilmu kesejatian ini jika dinilai belum siap secara mental. Akan akan fatal akibatnya jika salah pengertian. Bahkan pada mulanya ilmu terbagi menjadi 9 ajaran yang terpisah untuk mrmudahkan pemahaman orang yang mempelajarinya, hingga atas kehendak Kanjeng Sultan Agung dari Mataram semua ilmu ini disatukan dalam satu ajaran yang utuh. Adalah Raden Ngabehi Ronggowarsito yang berjasa menggabungkan ulang ajaran ini, setelah terpisah-pisah lagi pasca meninggalnya Kanjeng Sultan Agung.
Buku ini terasa berbeda, penuh dengan nuansa praktis (amaliah) dan bukan sekedar teoritis (ilmiah). Bersumber dari Serat Wirid Hidayah Jati, penulis memberikan pemaparan secara gamblang tentang ajaran makrifat sejati, mempermudah jalan menuju pemahaman terhadap makna manunggaling kawula Gusti.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar